CARA MENJADI SEORANG WIRAUSAHAWAN YANG SUKSES
Wednesday, April 8, 2020
Edit

Wednesday, April 8, 2020
· Menjadi seorang wirausahawan tidak mudah membutuhkan waktu dan proses yang sangat panjang serta wirausahawan mempunyai risiko yang cukup besar karena seorang wirausahawan harus bersahabat dengan yang namanya ketidak pastian tentunya itu semua akan menjadi tantangan kalian semua yang ingin menjadi seorang wirausahawan.
dalam menjual produk pun tidak semudah yang kalian bayangkan karena dalam menjual produk kalian harus mempunyai skil pemasaran/marketing jadi kalian kalau mau merintis sebuah usaha bagusanya kalian mengetahui terlebih dahulu teknik pemasaran/marketing, strategi marketing, segementasi pasar dan taktit pemasaran apabila kalian sudah mengetahui mengenai apa yang harus kalian kuasai dalam dunia wirausaha, peluang kalian untuk sukses dalam usaha besar dan akan meminimalisir terjadinya kegagalanan, karena dalam setiap berwirausaha pasti ada yang namanya kegagalan dan tidak akan terrs berhasil.
Oleh karena itu disini saya akan menjelaskan sedikit hal apa saja yang harus kalia ketahui apabila kalian ingin terrjun ke dunia wirausaha diantara sebagai berikut :
1. APA ITU MARKETING DAN BAGAIMANA PROSES AKTIVITAS DALAM MARKETING ?
Proses
yang dilakukan untuk memasarkan produk dan mengenalkan produk kepada masyarakat
luas, supaya produk nya dapat diminati oleh banyak orang tetapi marketing tidak
hanya memasarkan dan mengenalkan produk kepada masyarakat luas jadi marketing
juga dalam aktivitasnya menggunakan strategi pemasaran supaya marketing
memberrikan kepuasan terhadap konsumen
![]() |
Gambar oleh muneebfarman dari Pixabay |
2. STRATEGI
PEMASARAN
Tentunya kalau kalian ingin menjadi seorang
wirausahawan kalian harus mempunyai strategi pemasaran karena kenapa ? soalnya
kalau kalian tidak mempunyai strategi pemasaran usaha kalian nantinya tidak
akan bertahan lama, disini saya akan menjelaskan beberapa strategis pemasaran
diantara sebagai berikut :
1) Penetrasi
pasar : Adalah usaha dalam meingkatan penjualan dari produk yang sama (alama) dan lokasi sekarang (lama) juga dengan
menggunakan cara, meningkatkan lagi usaha penjualannya dan mengiklan kan produknya
bisa lewat sosial media, Koran, dan masih banyak lainnya,
Contohnya
: produk makanan keripik namun produk tersebt sudah lama dan tidak mengalamai
peningkatan penjualan yang signifikan, langkah yang bisa di ambil supaya
penjualan nya meningkat, bisa dengan cara mengiklankan produk keripiknya di
media sosial, Koran, majalah dan masih banyak lainnya.
2) Pengembangan pasar : Adalah usaha dalam
meningkatkan penjualan produk yang sama namun kepada segmen yang baru atau
pasar baru dengan ka ta lain memperlebar sayap.
Contohnya
: Seorang wirausahawan mempunyai produk keripik beliau hanya menjual di satu
pasar, namun beliau ingin menjual keripik tersebut ke pasar lain atau pasar
baru namun dalam usaha menjual produk nya ke segmen baru, wiarausahawan harus
melakukan riset lapangan supaya mempunyai target daerah mana yang akan
dijadikan tempat untuk menjual produknya dan tentunya wirausahawan harus
mempunyai strategi marketing yang bagus.
3) Pengembangan produk : adalah sebuah usaha
meningkatkan penjualan produk dengan cara menambahkan produk atau jasa kepada
pasar yang sama
Contohnya:
Seorang wirausahwan mempunyai produk keripik rasa pedas dan mempunyai jasa
pelayanan penjualan secara ofline, lalu seorang wirausahawan tersebut ini meningkatkan
produknya dengan cara menambahkan produk dan jasa, dari produknya wirausahawan
bisa menambahkan produk yang baru misalnya menambahkan keripik rasa baru
seperti balado, cabe ijo dan yang lainnnya, dan juga dalam produk jasanya bisa
ditambahkan dengan menerima jasa penjualan secara online.
4) Segemntasi pasar : Adalah pembagian kelompok pembeli yang mempunyai perbedaan dalam kebutuhannya seperti selera, karakteristik dan prilaku seorang dalam pasr tersebut.
Contohnya : Segmentasi pasar sayuran, segmentasi pasar hewan, segmentasi pasar elektronik, dan masih banyak lainnnya.
3. SEGMENTASI PASAR
Dalam
Segmentasi pasar terbagi kedalam beberapa jenis, seperti berikut:
1) Geografi : Adalah segmentasi yang dibagi
ke beberapa wilayah seperti Negara, kota, kabupaten, desa dan kampung
Contohnya:
Produk peyeum bandung produk ini hanya ada wilayah bandung
2) Demografi : adalah pembagian kelompok kedalam
beberapa tingkatan seperti usia, jenis kelamin, ekonomi, pendidikan, budaya dan
masih banyak lainnya
Contohnya:
Ayam KFC dan Ayam geprek mang udin, Ayam KFC diperuntukan utnuk tingkatan
ekonomi menengah keatas sedangkan geprek mang udin diperuntukan untuk tingkatan
ekonomi menegah kebawah.
3) Psikografi : Adalah pengelompokan pasar
yang dibagi kedalam beberapa jenis seperti gaya hidup, karakter dan nilai-nilai
yang tidak biasa.
Contohnya:
Produk jam tangan berlapis emas, produk tersebut diperuntukan orang yang gaya
hidup nya glamour.
4) Bihavioral : adalah menganalisis atau
melihat perilaku atau sikap seseorang terhadap produk itu sendiri
Contohnya:
melihat respon seorang cutomer di rumah makan padang apabila ia menikmati
makanannya berate ia puas terhadap makanan itu begitu pun sebaliknya.
5) Individual : sikap individu dengan
individu yang berbeda satu sama lain terhadap suatu produk
Contohnya:
produk rokok, setiap individu pasti memandang rokok itu ada yang baik dan ada yang
tidak, yang memandang baik pastinya orang suka yang merokok.
4. TAKTIK DALAM PEMASARAN
Dalam pemasaran
ada beberapa taktik yang harus kalian ketahui disini saya akan menjelaskan 4
taktik yang harus kuasai, yaitu sebagai berikut:
1) Branding : adalah pemberian nama terhadap
produk yang tentunya supaya mudah diingat oleh orang banyak
Contohnya: AQUA, EIGER dan masih
banyak lainnya.
2)
Diferensiasi : Adalah Sesutu hal yang
membedakan produk satu dengan produk 2 yang tak terlepas dari segi produk,
Service, Image. Yang nantinya akan mengingatkan banyak orang bahwa itu produk
tertentu.
Contohnya: Ayam KFC, KFC mempunyai
lambang orang tua yang seedang tersenyum, setiap orang kalo melihat lambang itu
pasti akan mengetahui itu produk KFC
3) People :
Adalah sikap maupun gaya seseorang dalam melayani atau memasarkan produknya, yang bisa memengingatkan nama seseorang yang dipasarkannya.
Contohnya: Alfamart, pasti orang
orang akan mengetahui rafi ahmad karena rafi ahmad mukanya di pasang di dalam
iklan alfamart
4) Image
: Adalah Suatu ciri atau lambang yang mampu mengingatkan seseorang terhadap produk tertentu
Contohnya: Huruff S seseorang pasti
akan mengetahui bahwa itu adalah Suzuki salah satu persahaan otomotif yang ada
di jepang.
