CARA MENJADI SEORANG WIRAUSAHAWAN YANG SUKSES

CARA MENJADI SEORANG WIRAUSAHAWAN YANG SUKSES

CARA MENJADI SEORANG WIRAUSAHAWAN YANG SUKSES
Wednesday, April 8, 2020
  
 
Gambar oleh pixabay.com
·   Menjadi seorang wirausahawan tidak mudah membutuhkan waktu dan proses yang sangat panjang serta wirausahawan mempunyai risiko yang cukup besar karena seorang wirausahawan harus bersahabat dengan yang namanya ketidak pastian tentunya itu semua akan menjadi tantangan kalian semua yang ingin menjadi seorang wirausahawan.
   
     dalam menjual produk pun tidak semudah yang kalian bayangkan karena dalam menjual produk kalian harus mempunyai skil pemasaran/marketing jadi kalian kalau mau merintis sebuah usaha bagusanya kalian mengetahui terlebih dahulu  teknik pemasaran/marketing, strategi marketing, segementasi pasar dan taktit pemasaran apabila kalian sudah mengetahui mengenai apa yang harus kalian kuasai dalam dunia wirausaha, peluang kalian untuk sukses dalam usaha besar dan akan meminimalisir terjadinya kegagalanan, karena dalam setiap berwirausaha pasti ada yang namanya kegagalan dan tidak akan terrs berhasil.

    Oleh karena itu disini saya akan menjelaskan sedikit hal apa saja yang harus kalia ketahui apabila kalian ingin terrjun ke dunia wirausaha diantara  sebagai berikut : 
      

    1. APA ITU MARKETING DAN BAGAIMANA PROSES AKTIVITAS DALAM MARKETING ?

        Proses yang dilakukan untuk memasarkan produk dan mengenalkan produk kepada masyarakat luas, supaya produk nya dapat diminati oleh banyak orang tetapi marketing tidak hanya memasarkan dan mengenalkan produk kepada masyarakat luas jadi marketing juga dalam aktivitasnya menggunakan strategi pemasaran supaya marketing memberrikan kepuasan terhadap konsumen

Gambar oleh muneebfarman dari Pixabay 

         2. STRATEGI PEMASARAN
Tentunya kalau kalian ingin menjadi seorang wirausahawan kalian harus mempunyai strategi pemasaran karena kenapa ? soalnya kalau kalian tidak mempunyai strategi pemasaran usaha kalian nantinya tidak akan bertahan lama, disini saya akan menjelaskan beberapa strategis pemasaran diantara sebagai berikut :
  1) Penetrasi pasar : Adalah usaha dalam meingkatan penjualan dari produk yang sama  (alama) dan lokasi sekarang (lama) juga dengan menggunakan cara, meningkatkan lagi usaha penjualannya dan mengiklan kan produknya bisa lewat sosial media, Koran, dan masih banyak lainnya,
Contohnya : produk makanan keripik namun produk tersebt sudah lama dan tidak mengalamai peningkatan penjualan yang signifikan, langkah yang bisa di ambil supaya penjualan nya meningkat, bisa dengan cara mengiklankan produk keripiknya di media sosial, Koran, majalah dan masih banyak lainnya.
 2) Pengembangan pasar : Adalah usaha dalam meningkatkan penjualan produk yang sama namun kepada  segmen yang baru atau pasar baru dengan ka ta lain memperlebar sayap.
Contohnya : Seorang wirausahawan mempunyai produk keripik beliau hanya menjual di satu pasar, namun beliau ingin menjual keripik tersebut ke pasar lain atau pasar baru namun dalam usaha menjual produk nya ke segmen baru, wiarausahawan harus melakukan riset lapangan supaya mempunyai target daerah mana yang akan dijadikan tempat untuk menjual produknya dan tentunya wirausahawan harus mempunyai strategi marketing yang bagus.
 3) Pengembangan produk : adalah sebuah usaha meningkatkan penjualan produk dengan cara menambahkan produk atau jasa kepada pasar yang sama
Contohnya: Seorang wirausahwan mempunyai produk keripik rasa pedas dan mempunyai jasa pelayanan penjualan secara ofline, lalu seorang wirausahawan tersebut ini meningkatkan produknya dengan cara menambahkan produk dan jasa, dari produknya wirausahawan bisa menambahkan produk yang baru misalnya menambahkan keripik rasa baru seperti balado, cabe ijo dan yang lainnnya, dan juga dalam produk jasanya bisa ditambahkan dengan menerima jasa penjualan secara online.
 4) Segemntasi pasar : Adalah pembagian kelompok pembeli yang mempunyai perbedaan dalam kebutuhannya seperti selera, karakteristik dan prilaku seorang dalam pasr tersebut.
Contohnya : Segmentasi pasar sayuran, segmentasi pasar hewan, segmentasi pasar elektronik, dan masih banyak lainnnya.
Gambar oleh <a href="https://pixabay.com/id/users/geralt-9301/?utm_source=link-attribution&amp;utm_medium=referral&amp;utm_campaign=image&amp;utm_content=3371153">Gerd Altmann</a> dari <a href="https://pixabay.com/id/?utm_source=link-attribution&amp;utm_medium=referral&amp;utm_campaign=image&amp;utm_content=3371153">Pixabay</a>

         3. SEGMENTASI PASAR
        Dalam Segmentasi pasar terbagi kedalam beberapa jenis, seperti berikut:

  1)   Geografi : Adalah segmentasi yang dibagi ke beberapa wilayah seperti Negara, kota, kabupaten, desa  dan kampung
 Contohnya: Produk peyeum bandung produk ini hanya ada wilayah bandung
  2) Demografi : adalah pembagian kelompok kedalam beberapa tingkatan seperti usia, jenis kelamin, ekonomi, pendidikan, budaya dan masih banyak lainnya
Contohnya: Ayam KFC dan Ayam geprek mang udin, Ayam KFC diperuntukan utnuk tingkatan ekonomi menengah keatas sedangkan geprek mang udin diperuntukan untuk tingkatan ekonomi menegah kebawah.
  3) Psikografi : Adalah pengelompokan pasar yang dibagi kedalam beberapa jenis seperti gaya hidup, karakter dan nilai-nilai yang tidak biasa.
Contohnya: Produk jam tangan berlapis emas, produk tersebut diperuntukan orang yang gaya hidup nya glamour.
  4) Bihavioral : adalah menganalisis atau melihat perilaku atau sikap seseorang terhadap produk itu   sendiri
Contohnya: melihat respon seorang cutomer di rumah makan padang apabila ia menikmati makanannya berate ia puas terhadap makanan itu begitu pun sebaliknya.
  5)  Individual : sikap individu dengan individu yang berbeda satu sama lain terhadap suatu produk
Contohnya: produk rokok, setiap individu pasti memandang rokok itu ada yang baik dan ada yang tidak, yang memandang baik pastinya orang suka yang merokok.

        4. TAKTIK DALAM PEMASARAN
Dalam pemasaran ada beberapa taktik yang harus kalian ketahui disini saya akan menjelaskan 4 taktik yang harus kuasai, yaitu sebagai berikut:

1)  Branding : adalah pemberian nama terhadap produk yang tentunya supaya mudah diingat oleh orang banyak
Contohnya: AQUA, EIGER dan masih banyak lainnya.
2)    Diferensiasi : Adalah Sesutu hal yang membedakan produk satu dengan produk 2 yang tak    terlepas dari segi produk, Service, Image. Yang nantinya akan mengingatkan banyak orang bahwa itu produk tertentu.
Contohnya: Ayam KFC, KFC mempunyai lambang orang tua yang seedang tersenyum, setiap orang kalo melihat lambang itu pasti akan mengetahui itu produk KFC
3)   People : Adalah sikap maupun gaya seseorang dalam melayani atau memasarkan produknya,  yang bisa memengingatkan nama seseorang yang dipasarkannya.
Contohnya: Alfamart, pasti orang orang akan mengetahui rafi ahmad karena rafi ahmad mukanya di pasang di dalam iklan alfamart
4)   Image : Adalah Suatu ciri atau lambang yang mampu mengingatkan seseorang terhadap          produk tertentu
Contohnya: Huruff S seseorang pasti akan mengetahui bahwa itu adalah Suzuki salah satu persahaan otomotif yang ada di jepang.
Gambar oleh <a href="https://pixabay.com/id/users/jarmoluk-143740/?utm_source=link-attribution&amp;utm_medium=referral&amp;utm_campaign=image&amp;utm_content=1080527">Michal Jarmoluk</a> dari <a href="https://pixabay.com/id/?utm_source=link-attribution&amp;utm_medium=referral&amp;utm_campaign=image&amp;utm_content=1080527">Pixabay</a>



Seorang yang lebih suka menyendiri dan tidak suka di keramaian, walaupun dunia ini luas tapi sendiri lebih nyaman.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel